Pembuat Perubahan Muda ASEAN Pamerkan Hasil Proyek Komunitas 4 Negara di Lombok




INDONESIA, 28 Juni 2022 – Maybank Foundation dan ASEAN Foundation mengundang sejumlah sukarelawan muda dan anggota organisasi sipil masyarakat (OMS) dari sepuluh proyek pendampingan komunitas di Kamboja, Indonesia, Malaysia and Filipina untuk menghadiri acara penutupan program eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA): Cohort Two di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia pada 28 dan 29 Juni 2022.


Acara penutupan ini menandakan salah satu pencapaian penting dari program EYAA: Cohort Two, di mana sukarelawan muda diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil dari proyek pendampingan komunitas mereka. Selain itu, kegiatan ini juga diinisiasi agar ke-75 sukarelawan muda dapat saling berjejaring dengan sesama dan pemangku kepentingan ASEAN, salah satunya adalah ASEAN Secretariat, serta mendapatkan ilmu tentang cara untuk memperluas dampak dari proyek pendampingan komunitas mereka melalui kemitraan dengan sepuluh OMS dari Kamboja (Color Silk), Indonesia (EcoFun, Rikolto dan Nexus3 Foundation), Malaysia (WormingUp, Kakiseni dan Me.reka) dan Filipina (Global Peace Foundation, Keep Hope Alive dan Masy Consultant) dilibatkan untuk berbagi cerita soal proyek yang mereka bantu laksanakan.


Sebagai akibat dari pandemik COVID-19, proyek pendampingan komunitas EYAA: Cohort Two dilaksanakan secara hibrida di mana mitra OMS bertanggung jawab atas pelaksanaan proyek di lokasi dan sukarelawan muda memberikan dukungan melalui daring. Berkat pendekatan ini, pelaksanaan proyek pendampingan komunitas dapat berlangsung lebih dari empat bulan mulai dari Oktober 2021 hingga Januari 2022 dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi kepada masyarakat ASEAN.


Situasi pandemik juga menjadi momentum bagi program EYAA: Cohort Two untuk memberdayakan lebih banyak anak muda, terutama mereka yang kurang terlayani, melalui wadah daring. Hasilnya, empat webinar dengan fokus pada penguatan anak muda dan Pendidikan berhasil dilaksanakan, dan memberi manfaat kepada lebih dari 20,000 peserta dari sepuluh negara ASEAN. Program EYAA: Cohort Two sendiri berhasil membantu lebih dari 21,000 penerima manfaat di Kamboja, Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Terlebih lagi, kegiatan daring yang dilaksanakan oleh para sukarelawan muda dan mitra OMS juga telah mengedukasi lebih dari 851,000 orang ASEAN.


“Kami sangat senang karena, melalui kemitraan antara Maybank Foundation dan ASEAN Foundation, program eMpowering Youths Across ASEAN senantiasa menjadi wadah yang efektif untuk memberdayakan komunitas di ASEAN sesuai dengan aspirasi dari ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 dan United Nation Sustainability Development Goals,” ungkap Bapak Khairudin Bin Abdul Rahman, CEO dari Maybank Foundation.

Dr. Yang Mee Eng, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, mengamini pernyataan tersebut. “Meskipun tantangan pandemik begitu besar, eMpowering Youths Across ASEAN: Cohort Two berhasil memberikan dampak krusial kepada komunitas di ASEAN. Hal ini tercapai berkat dukungan dari Maybank Foundation dan Maybank Group sebagai mitra ASEAN yang berdedikasi dan berkomitmen kuat,” tutur Dr. Yang.


“Suatu kehormatan bagi kami Nexus3 Foundation terpilih menjadi salah satu CSO yang dapat melaksanakan kegiatan Empowering Youth Across ASEAN di Sekotong, Lombok Barat. Kami rasa dukungan dari Maybank untuk kegiatan ini akan menjadi awal yang sangat baik untuk membuka kegiatan-kegiatan berikutnya di daerah lain di Indonesia yang mengalami masalah yang serupa, yaitu pencemaran lingkungan.“ ujar Yuyun Ismawati Drwiega, Senior Advisor Nexus3 Foundation.


Acara penutupan program EYAA: Cohort Two dilaksanakan sebagai acara hibrida yang menghadirkan 15 sukarelawan muda dan perwakilan dari sepuluh mitra OMS di lokasi acara. Pada saat yang sama, perwakilan dari kelompok sukarelawan dan mitra OMS yang tidak bisa hadir secara fisik diberikan kesempatan untuk menyaksikan acara penutupan melalui Zoom. Sebagai bagian dari acara penutupan, Maybank Foundation, ASEAN Secretariat dan ASEAN Foundation beserta rombongan sukarelawan muda dan mitra OMS akan mengunjungi SMPN 2 Sekotong untuk bertatap muka langsung dengan penerima manfaat Proyek SMART dan STEAM CHIME yang dilaksanakan oleh Nexus3 Foundation pada 29 Juni. Dalam kunjungan ini, Maybank Foundation dan ASEAN Foundation mendapatkan kehormatan untuk menyambut Ibu. Hj. Sumiatun, Wakil Bupati Lombok Barat, yang akan memberikan sambutan sebagai bentuk dukungan atas program EYAA: Cohort Two.


###


Catatan untuk editor:


Untuk pertanyaan media, silahkan hubungi:

1. Anthoni Octaviano

Kepala Komunikasi ASEAN Foundation (anthoni.octaviano@aseanfoundation.org)


Tentang Maybank Foundation

Maybank Foundation menjalankan inisiatif Maybank Group di bidang Corporate Social Responsibility secara regional, sesuai dengan misi Maybank untuk memanusiakan layanan keuangan. Yayasan ini berpusat pada 6 area pokok yaitu Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat, Hidup Sehat, Seni Budaya, Keberagaman Lingkungan, dan Pertolongan Bencana. Dalam keenam area pokok dan di setiap negara tempat Maybank beroperasi, Maybank Foundation fokus pada aktivitas dan program yang menciptakan dampak yang bermakna, terukur, dan berkelanjutan, yang membedakan Maybank Group dari kompetitornya.


Tentang ASEAN Foundation

Tiga dekade setelah ASEAN berdiri, para pemimpin ASEAN menyadari bahwa terdapat ketidaksejahteraan yang tidak merata, kesadaran tentang ASEAN yang masih rendah, dan interaksi antar penduduk ASEAN yang masih kurang. Untuk mengatasi isu tersebut, para pemimpin ASEAN mendirikan ASEAN Foundation di Jakarta, Indonesia, pada acara pertemuan puncak untuk merayakan hari jadi ASEAN yang ke-30 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 15 Desember 1997. ASEAN Foundation adalah sebuah organisasi yang berpegang teguh pada satu visi, yaitu membangun Masyarakat ASEAN yang bersatu dan sejahtera. Sebagai badan ASEAN, ASEAN Foundation memiliki mandat untuk membantu ASEAN dalam mempromosikan kesadaran, identitas, interaksi, dan perkembangan penduduk ASEAN.


Kontak:

Panca Dewi Astuti, Program Officer CHIME Program, +62-857-7878-9723


SIARAN PERS:

Indonesia:

Press Release draft for EYAA Cohort Two Closing in Lombok_FINAL IDN.docx
.docx
Download DOCX • 54KB

English:

Press Release draft for EYAA Cohort Two Closing in Lombok_FINAL ENG
.docx
Download DOCX • 52KB

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags