Siaran Pers: LSM Memperingatkan Pembeli Online untuk Tidak Membeli Produk Krim Pemutih Kulit yang M

UNTUK DIRILIS SEGERA

Untuk pertanyaan, silakan hubungi:

Krishna Zaki, krishna@balifokus.asia, HP +62 812 3000 2825

Thony Dizon, tdizon@ecowastecoalition.org, +63 244 11 846

22 November 2018, Bali, Indonesia/Quezon City, Filipina - Dua organisasi non-pemerintah yang bekerja mengadvokasi isu-isu terkait kesehatan lingkungan di Indonesia dan Filipina, memperingatkan konsumen agar tidak membeli produk pemutih kulit yang mengandung merkuri yang diduga dibuat di Filipina dan dijual di situs belanja online populer di Indonesia.

Melalui pernyataan pers bersama, Yayasan BaliFokus/Nexus3 (berbasis di Denpasar, Bali, Indonesia) dan Koalisi EcoWaste (berbasis di Quezon City, Filipina) memperingatkan bahwa “RDL Whitening Treatment Day dan Night Cream” yang saat ini dijual di laman daring www.bukalapak.com dan www.tokopedia.com mengandung merkuri di atas batas aman 1 bagian per juta (ppm) berdasarkan Peraturan Kosmetik ASEAN.

Kotak oranye dan putih produk mengandung krim siang dan malam dan dijual di daring seharga Rp 12.500 hingga Rp 55.000 per bungkus.

“Produk ini berbahaya bagi kesehatan karena mengandung merkuri sebagai zat pencerah kulit. Bukalapak dan Tokopedia harus menghapus semua iklan untuk produk berbahaya ini sekaligus untuk melindungi konsumen agar tidak tertipu dan dirugikan. Badan Pengawas Obat dan Makanan Nasional (BPOM) harus melarang produk ini dijual di Indonesia,” kata Krishna Zaki, Toxics Program Manager, BaliFokus/Nexus3.

“Mengingat lemahnya penegakan hukum di Indonesia yang melarang penjualan daring dari produk-produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan beracun atau ilegal, Bukalapak, Tokopedia dan daring perdagangan lainnya harus melakukan penyaringan ketat terhadap produk-produk tersebut yang dijual oleh pihak ketiga untuk melindungi konsumen,” dia menambahkan.

“Kami telah memperingatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Filipina tentang penjualan produk ini, yang konon dibuat di Davao City, melalui laman daring di Indonesia. Otoritas kesehatan dan pabean Filipina harus bertindak tegas untuk menghentikan tersebarnya produk ini yang menimbulkan risiko paparan merkuri, terutama bagi perempuan di Indonesia dan negara lain,” kata Thony Dizon, Pengkampanye Keselamatan Kimia, dari EcoWaste Coalition, Filipina.

Kandungan merkuri terdeteksi pada dua sampel “RDL Whitening Treatment Day and Night Cream” dibeli secara daring oleh tim BaliFokus dan kemudian dianalisis oleh EcoWaste Coalition menggunakan perangkat X-Ray Fluorescence (XRF). Krim malam, khususnya, ditemukan mengandung merkuri sebanyak 3,149 ppm dan 3,615 ppm, jauh di atas nilai ambang batas aman 1 ppm.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), "efek buruk utama dari merkuri anorganik yang terkandung dalam sabun dan krim pemutih kulit adalah kerusakan ginjal." WHO telah memperingatkan bahwa "merkuri dalam produk pencerah kulit juga dapat menyebabkan ruam kulit, perubahan warna kulit dan jaringan parut, seperti serta pengurangan resistensi kulit terhadap infeksi bakteri dan jamur.”

Seperti yang tertulis pada label produk, "RDL Whitening Treatment Day and Night Cream" ini diproduksi di Davao City, Filipina oleh "RDL Cosmetic Laboratory, Inc.”.

"RDL Cosmetic Laboratory, Inc." tidak sama dengan "RDL Pharmaceutical Laboratory, Inc.," perusahaan resmi yang memiliki notifikasi yang valid untuk sejumlah produk kosmetik yang dijual di pasar seperti yang dikonfirmasi oleh FDA Filipina.

Pusat FDA untuk Regulasi dan Penelitian Kosmetik (CCRR) Filipina telah mengatakan kepada Koalisi EcoWaste bahwa produk yang mengandung merkuri tinggi tersebut tidak memiliki notifikasi produk yang valid, maupun permohonan notifikasi kepada FDA.

- SELESAI -

Referensi:

http://www.who.int/ipcs/assessment/public_health/mercury_flyer.pdf

Dokumen siaran pers beserta lampiran daftar penjual daring dapat diunduh disini.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags

© 2019 by Nexus3/BaliFokus Foundation

All Rights Reserved

​​Call us:

+62-361-233520

​Find us: 

Mandalawangi 5, Jln. Tukad Tegalwangi, Sesetan

Denpasar 80223 Bali - INDONESIA