© 2019 by Nexus3/BaliFokus Foundation

All Rights Reserved

​​Call us:

+62-361-233520

​Find us: 

Mandalawangi 5, Jln. Tukad Tegalwangi, Sesetan

Denpasar 80223 Bali - INDONESIA

Please reload

Recent Posts

PBB Memutuskan untuk Mengontrol Pembuangan Sampah Plastik Global

May 10, 2019

1/1
Please reload

Featured Posts

Sekolah Lapangan Gita Pertiwi

June 5, 2016

Pada Kunjungan di Klaten 17 ~ 19 Mei 2016, saya sebagai utusan Yayasan BaliFokus, mendapatkan banyak tambahan pelajaran dan wawasan tentang pertanian yang ekologis dari teman-teman Gita Pertiwi dan petani dampingannya.

 

Salah satu dari beberapa catatan dari kunjungan di Klaten ini adalah pada kunjungan saya di sawah Sekolah Lapangan Gita Pertiwi bersama seorang warga lokal, petani yang sudah sangat maju pengetahuan dan pengalamannya dalam memperlakukan pertanian sebagai bagian dari lingkungan yang alami. Beliau adalah Lili Hariyanto yang juga berperan sebagai Petani Konsultan Gita Pertiwi.

 

Poin-poin yang saya serap sebagai intisari pengelolaan pertanian secara ekologis, adalah:

 

~ Perlakuan Alami ~ Zat Endofit ~ Ketahanan Tanaman Padi ~ Kompos Jerami sebagai Makanan Siap Saji bagi Tanaman ~ Waktu Tanam ~ Pengeringan Tanah ~ Pembalikan Tanah ~ Biang Masalah = Biang Solusi ~ Komunikasi dengan Tanaman.

 

Lebih jelasnya, bisa kita simak percakapan di tepi sawah ini : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ternyata benar, alam sudah menyediakan solusi untuk semua masalah, dan itu tidak jauh-jauh... ada di tempat itu sendiri... Bahkan biang masalah bisa jadi biang solusi. Jadi mengapa harus membakar? Mengapa harus membunuh..? Mari berdamai dengan alam... 

 

 

~ selesai ~