© 2019 by Nexus3/BaliFokus Foundation

All Rights Reserved

​​Call us:

+62-361-233520

​Find us: 

Mandalawangi 5, Jln. Tukad Tegalwangi, Sesetan

Denpasar 80223 Bali - INDONESIA

Search
  • Admin

Panduan Singkat Perjanjian Baru tentang Merkuri: Konvensi Minamata


Pada tanggal 16 Agustus 2017 yang lalu, Konvensi Minamata tentang merkuri mulai berlaku karena telah diratifikasi oleh lebih dari 50 negara. Pertemuan pertama para Pihak atau disebut dengan COP1 (the 1st Conference of the Parties), akan berlangsung tgl. 24-29 September 2017 di Jenewa, Swiss. Informasi tentang COP1 dapat dilihat di sini.

Hampir semua orang tahu tentang tragedi Minamata dan penyakit Minamata yang dialami lebih dari 3000 penduduk Jepang di Teluk Minamata, Jepang, 60 tahun yang lalu. Sampai hari ini, saat anda membaca artikel ini, para korban tragedi Minamata masih mencari keadilan, mengikuti proses-proses pengadilan, untuk mendapat pengakuan, kompensasi, dan tunjangan pengobatan* (Hirano, 2016).

Pada tahun 2012, dari hasil survei yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang, terungkap bahwa ada lebih dari 80.000 orang di Jepang yang menderita gejala-gejala penyakit Minamata (sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Pemerintah Jepang). Dan penderita penyakit Minamata ini ternyata terdeteksi dan menurun sampai pada generasi ketiga (Yorifuji et.al., 2013).

Perjanjian tentang merkuri ini adalah perjanjian pertama untuk isu kimia yang dihasilkan oleh Badan Lingkungan PBB selama 10 tahun terakhir. Penyusunannya dilakukan berdasarkan mandat Governing Council UNEP GC-25/GMEF yang dilaksanakan pada 16-20 Februari 2009, di UN Office di Nairobi, Kenya.

Tujuan dari Perjanjian merkuri adalah untuk "melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dari emisi dan lepasan merkuri serta senyawa merkuri akibat kegiatan manusia (anthropogenic)" sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1. Selain itu, semua negara sepakat untuk mencegah dan tidak mengulang terjadinya tragedi Minamata dibelahan dunia manapun.

Untuk mencapai tujuan, para Pihak mendiskusikan isu-isu politis dan teknis terkait produksi, perdagangan, penggunaan, emisi dan lepasan merkuri.

Perjanjian tentang merkuri dikenal sebagai satu-satunya perjanjian lingkungan yang mengatur suatu zat kimia dari hulu sampai ke hilir termasuk dari berbagai sektor dan sumber (Selin, 2014) (You, 2015).

Konvensi tentang merkuri merupakan satu-satunya konvensi global tentang lingkungan dan kesehatan yang disepakati selama satu dekade terakhir (UNEP News Centre, 10 October 2013).

Setelah melalui proses panjang, 3 tahun persiapan melalui pertemuan-pertemuan Open Ended Working Group, dan 4 tahun pertemuan negosiasi, akhirnya perjanjian ini menjadi momentum baru kerjasama antar pemerintah untuk kesehatan dan lingkungan (Eriksen and Perrez, 2014).

Informasi tentang Konvensi Minamata dapat dilihat pada laman ini.

Panduan singkat tentang perjanjian merkuri dapat diunduh di sini.

* Sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban Minamata, BaliFokus dan Participating Organisation of IPEN membatasi penyebutan perjanjian merkuri ini sebagai Minamata Convention on mercury sampai pemerintah Jepang mengakui dan mengurus rakyatnya yang menderita keracunan merkuri selama 60 tahun.

Referensi:

Takashi Yorifuji, Toshihide Tsuda and Masazumi Harada. (2013). "Chapter 5: Minamata disease: a challenge for democracy and justice. Lessons from health hazards Minamata disease: a challenge for democracy and justice." European Environmental Agency Report No 1/2013 Volume II.

Eriksen, H. H. and F. X. Perrez (2014). "The Minamata Convention: A Comprehensive Response to a Global Problem." Review of European, Comparative & International Environmental Law 23(2): 195-210.

Selin, H. (2014). "Global Environmental Law and Treaty-Making on Hazardous Substances: The Minamata Convention and Mercury Abatement." Global Environmental Politics 14(1): 1-19.

You, M. (2015). "Interpretation of the source-specific substantive control measures of the Minamata Convention on Mercury." Environ Int 75: 1-10.

Hirano, Keiji. (2016). Sixty years on, justice eludes Minamata residents poisoned with mercury

https://www.japantimes.co.jp/news/2016/04/21/national/social-issues/sixty-years-justice-eludes-minamata-residents-poisoned-mercury/#.Wadjy5OGMWo

#MinamataDisease #Mercury #MercuryTreaty

151 views