Search
  • Admin

Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) 2010 Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur


Program ini dilaksanakan di 2 lokasi di Kabupaten Kupang yaitu di Lingkungan Pasar Oesao, Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur dan Lingkungan Pasar Lili, Kelurahan Fatuliu, Kecamatan Camlong 1.

Tujuan adanya program SLBM di Kabupaten kupang terutama di 2 lokasi tersebut karena sebagian besar masyarakat hanya memiliki kamar mandi sendiri tanpa sarana WC/jamban sendiri. Biasanya masyarakat buang air besar di tempat-tempat terbuka, sehingga sangat berpotensi mencemari lingkungan dan kesehatan.

Program SLBM ini menggunakan model pilihan teknologi MCK+++ yaitu membangun sarana Mandi, Cuci dan Kakus dalam satu tempat dan limbahnya tersebut akan terolah sehingga tidak akan mencemari lingkungan. Unit MCK+++ tersebut terdiri dari Kamar Mandi, WC, Unit Pengolahan Limbah dan Biodigester.

Jumlah masyarakat yang terlayani : lingkungan Oesao yaitu 90 Kepala Keluarga dan lingkungan Pasar Lili yaitu 40 Kepala Keluarga. Dalam pembangunannya masyarakat mendirikan kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). KSM yang terbentuk yaitu KSM Flamboyan (Lingkungan Pasar Oesao) dan KSM Bersatu (Lingkungan Pasar Lili). Tersebut KSM dibantu BALIFOKUS sebagai pendamping.

Secara umum KSM bertanggung jawab sebagai pengelola kegiatan program SLBM. Kegiatan tersebut termasuk pembangunan sarana dan prasarana sanitasi, pengelolaan keuangan, Perawatan dan Operasional selanjutnya. Untuk meningkatkan kapasitas KSM, telah dilaksanakan pelatihan KSM dari tanggal 25-27 Agustus 2010 dihotel Romyta, Kupang dengan Narasumber BALIFOKUS.

Diharapkan dengan dibangunya MCK+++ ini, masyarakat tidak buang air besar di tempat terbuka lagi dan selalu menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan sehat.

#Article #UrbanEnvironmental #DEWATS #Sanitation

0 views

© 2019 by Nexus3/BaliFokus Foundation

All Rights Reserved

​​Call us:

+62-361-233520

​Find us: 

Mandalawangi 5, Jln. Tukad Tegalwangi, Sesetan

Denpasar 80223 Bali - INDONESIA